Sesal

"Bukan begitu caranya! Aduh, kamu kok ga ngerti-ngerti sihh! Sini Mama aja yang beresin!"

Aku melepaskan ujung seprai yang sudah siap-siap aku rapihkan. Mama menyambarnya dan mulai membereskan tempat tidurku. Aku mengamatinya dan hanya diam, berdiri di tempat.

Entah aku harus senang atau sebal. Senang karena akhirnya tidak perlu membereskan tempat tidur sendiri atau sebal karena Mama tidak pernah membiarkanku menyelesaikan tugasku sendiri. Ia akan selalu mengoreksi lalu mengambil alih.


Ah, ya sudahlah. Toh, itu mau Mama sendiri.

"Eh, gimana sih! Jadi Mama yang beresin!"

Aku menyeringai memandang Mama yang mengomel, tapi terus melanjutkan membereskan tempat tidur.

Aji mumpung buatku.


*****************

Tidak rapih. Berantakan.

Aku menggaruk-garuk kepalaku yang tidak gatal. Tempat tidur di hadapanku masih berantakan dengan seprai yang kusut dan bantal tersebar di atasnya.
Sebentar lagi suamiku pulang dan belum ada satu pun pekerjaan yang beres.

Aku berpindah dari satu tugas ke tugas yang lain. Lompat-lompat seperti jangrik. Isi otakku seperti benang kusut, penuh dengan tugas harian ibu rumah tangga yang seperti tiada henti. Selesai tugas yang satu, menanti tugas yang lain. Tugas yang ini belum beres, aku sudah memikirkan tugas yang lain.

Aku tidak tahu kalau menjadi ibu rumah tangga begitu melelahkan.

"Masih belum rapih." Gumamku, entah sudah yang keberapa kali. Aku membongkarnya lagi dan mulai merapikan dari awal.

Dalam hatiku ada sesal, kenapa dulu aku tidak ngotot membereskan tempat tidur. Seharusya aku minta ibu meninggalkanku dan menyelesaikan apa yang menjadi tugasku. Seharusnya tak kubiarkan ibu mendikte usahaku tanpa tanya-tanya dulu.

Sekarang, aku duduk di depan setumpuk tugas dan dengan keterbatasan, aku berusaha kembali belajar mengurus rumah. Terkadang merasa bodoh karena tidak bisa menyelesaikan dengan sempurna.

Ah, menyesal hari ini. Seandainya dulu aku ngotot dengan kemandirianku...tak perlu aku bersusah payah menjadi orang lain.

amsaLFoje via Blogaway

4 Comments

  1. Menarik nih kak :) Pembaca baru he he he Salam kenal

    Saya juga seorang blogger kak, kalau sempat silahkan mampir :) http://nessatheo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Iya nih kak, kayaknya emang harus belajar dari kecil yah, hahaha!

    Salam blogger kak, kalau sempat silahkan mampir juga ke blog saya :)

    http://nessatheo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi nessa. Salam kenal yaaa. Aku masukin blogmu ke listku ya. Jadi kalo ada yg baru langsung terupdate ^^

      Delete
    2. Btw, blogmu belum dipublish ya?? Aku kok ga bisa buka?

      Delete